5 Perlengkapan Wajib Punya Saat Pandemi

Pandemi nampaknya memang belum terlihat akan berakhir dalam waktu cepat meskipun sudah ada vaksinnya. Namun demikian, karena keterbatasan vaksin serta proses vaksinasi yang membutuhkan waktu cukup lama membuat masyarakat tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Hingga akhir Januari 2021, angka positif semakin meningkat di atas 10 ribu per hari di seluruh Indonesia. Selagi masih ada waktu, ada beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi selama masa pandemi, toh saat ini kamu juga bisa memanfaatkan pinjaman online cepat cair terbaru untuk belanja kebutuhan di masa pandemi. Karena prioritasnya adalah menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga agar tidak ikut terpapar virus covid-19.

Lalu apa saja barang-barang yang wajib dimiliki selama masa pandemi? Berikut adalah ulasannya dengan ringkas.

1. Masker tiga lapis

Menurut beberapa penelitian bahwa masker kain apalagi masker buff tidak efektif dalam menangkal maupun menahan semburan karena pori-pori kain atau buff masih lebih besar daripada butiran-butiran halus air liur manusia ketika bersin.

Alasan itulah yang membuat semua orang kini harus memakai masker medis tiga lapis. Masker medis dipercaya lebih efektif dalam menangkal virus. Tetapi, masker medis pun ada batas penggunaannya. Disarankan mengganti masker medis setiap empat jam sekali.

Mengingat kebutuhan yang tinggi apalagi jika sedang beraktivitas di luar rumah, mau tidak mau masker medis menjadi kebutuhan pokok di masa pandemi. Siapkan masker medis di manapun berada seperti di kendaraan, ruang tamu, atau tas sehingga bisa sewaktu-waktu digunakan jika membutuhkan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Satu box masker medis dijual dengan kisaran harga bervariasi tergantung dari kualitas dan brandnya. Rata-rata harganya antara Rp50 ribu per kotak sampai dengan Rp200 ribu per kotak. Ada juga yang dijual satuan dengan kisaran harga antara Rp5.000 sampai dengan Rp25.000.

2. Hand sanitizer atau tisu basah

Karena aktivitas yang tinggi mau tidak mau kita harus menyiapkan hand sanitizer apalagi jika sudah memegang barang-barang yang juga dipegang oleh orang lain. Contoh seperti gagang pintu, handrail tangga atau pegangan di tempat-tempat umum dan kendaraan umum.

Jika sudah begitu, wajib hukumnya mencuci tangan dengan air dan sabun. Namun, karena kondisinya sedang bepergian makan yang paling praktis adalah membawa selalu hand sanitizer atau tisu basah. Keduanya bisa digunakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah menyentuh benda-benda yang dicurigai sudah banyak disentuh oleh orang lain. 

3. Vitamin dan suplemen

Sesibuk apapun kamu, pastikan untuk minum vitamin dan suplemen tubuh secara rutin. Hal ini dilakukan untuk tetap bisa menjaga imunitas tubuh yang menjadi senjata satu-satunya dalam melawan virus. Beberapa vitamin yang disarankan selain vitamin C juga vitamin D. Karena pada dasarnya manusia banyak yang kekurangan vitamin D karena tidak menyadarinya. 

Meski vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari tetapi angkanya bisa saja belum mencukupi sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Itulah mengapa vitamin D dianjurkan bagi mereka yang tetap beraktivitas secara normal di masa pandemi sekalipun. 

4. Oximeter

Oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Sederhananya dengan alat ini, kita bisa mengukur kadar oksigen yang dibutuhkan dalam darah. Semakin tinggi angkanya, semakin baik. Angka normal berada di antara angka 95 sampai dengan 100 persen.

Jika angkanya kurang dari itu, maka umumnya beberapa pasien akan dirujuk ke rumah sakit terutama jika dia terinfeksi virus. Alat kecil ini hanya sebagai pendukung sehingga kita disarankan untuk tetap konsultasi pada dokter. 

5. Smart watch

Kenapa kita butuh smartwatch di masa pandemi? Alasannya karena smartwatch bisa memantau pergerakan kita. Mulai dari detak jantung, hitungan langkah kaki, hingga kebiasaan tidur setiap hari. Smart watch akan memantau dan memonitor itu semua selama digunakan. 

Bahkan kini ada smartwatch yang juga sudah punya kemampuan untuk mengukur saturasi oksigen sehingga tidak perlu lagi membeli oximeter

Beberapa smartwatch terbaik akan terkoneksi dengan aplikasi di smartphone sehingga nantinya berbagai laporan yang berhasil direkam oleh smartwatch bisa dibaca lewat smartphone dengan lebih jelas dan lengkap setiap harinya.

Beberapa perlengkapan tersebut wajib dimiliki di masa pandemi terutama untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang disebutkan. Apalagi barang-barang yang disebutkan kini bisa langsung dipesan secara online di marketplace terkemuka. 

Bayarnya bisa lebih ringkas jika menggunakan pinjaman online cepat cair terbaru yang bisa dicicil sampai dengan enam bulan. Misalnya seperti Kredivo yang bisa digunakan baik transaksi secara online maupun offline dengan aman.

Bunga Kredivo sangat terjangkau hanya 2,6% per bulan baik untuk kebutuhan belanja maupun untuk mengajukan pinjaman tunai. Tenornya antara 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Aplikasinya juga sudah tersedia baik itu di App Store maupun Google Play Store.