6 langkah untuk mendirikan perusahaan

Salah satu langkah awal dalam mendirikan perusahaan adalah membuat struktur bisnis yang legal. Anda dapat memilih untuk beroperasi sebagai perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas (LLC), korporasi, atau koperasi.

Bagi banyak perusahaan, opsi terbaik adalah mengajukan profil perusahaan. Jika Anda memikirkannya untuk bisnis Anda, teruskan membaca untuk mempelajari cara menjadi perusahaan.

Apa perusahaan itu?

Undang-undang mengakui perusahaan sebagai entitas yang terpisah dan berbeda dari pemegang saham (pemilik). Perusahaan dapat memiliki aset, kewajiban, dan hak hukumnya sendiri, yang melindungi pemegang sahamnya dari tanggung jawab pribadi. Perusahaan dapat mengajukan gugatan, menuntut, memiliki dan menjual properti, dan menjual hak ekuitas melalui saham. Selain perlindungan kewajiban, lebih mudah untuk mengalihkan kepemilikan dan menambah modal sebagai perusahaan, karena modal dan kepemilikan dinaikkan dan dikelola melalui ekuitas.

Untuk dikenali sebagai perusahaan, perusahaan Anda harus mengikuti prosedur hukum yang sesuai untuk negara Anda. Ada beberapa jenis korporasi, antara lain korporasi C, korporasi S, korporasi B, korporasi tertutup, dan korporasi non profit. Setiap jenis perusahaan memiliki kelebihan, kekurangan, dan persyaratan hukumnya sendiri. Korporasi C dan korporasi S adalah yang paling umum.

Baca juga artikel tentang bisnis online lainnya di https://www.ngobrolbisnis.id/

Bagaimana mendirikan perusahaan

Kelly Duford Williams, pendiri dan mitra pengelola Slate Law Group, menguraikan enam langkah yang dapat diambil bisnis kecil untuk menjadi korporasi. Namun, setiap negara bagian memiliki pedomannya sendiri untuk menjadi perusahaan, jadi proses Anda mungkin terlihat sedikit berbeda. Lihat persyaratan spesifik di negara bagian tempat bisnis Anda akan beroperasi, tetapi secara keseluruhan, ini adalah langkah dasar yang perlu diikuti sebagian besar bisnis.

Sewa pengacara transaksional yang dapat memandu Anda melalui proses pembentukan bisnis. Undang-undang pembentukan dan tata kelola perusahaan berbeda-beda di setiap negara bagian dan terus berubah, sehingga pengacara yang berpengalaman akan sangat berharga dalam mengelola proses pendirian dan menghindari masalah apa pun.

  1. Menunjuk agen terdaftar dan menyerahkan anggaran dasar. Setiap perusahaan harus memiliki agen terdaftar di negara bagian tempat Anda mengajukan anggaran dasar. Ini adalah individu atau perusahaan (yaitu agen terdaftar perusahaan) yang akan menerima pemberitahuan yang diperlukan, juga dikenal sebagai layanan proses, jika organisasi Anda menjadi pihak dalam proses hukum. Agen ini harus penduduk negara bagian yang menyediakan Anda.
  2. Menetapkan anggaran rumah tangga perusahaan dan menunjuk direktur. Anggaran rumah tangga adalah aturan dan regulasi internal di mana perusahaan akan beroperasi (mirip dengan perjanjian operasi untuk LLC). Beberapa negara bagian tidak mengharuskan perusahaan memiliki peraturan internal. Namun, bijaksana untuk mengadopsi peraturan perusahaan, karena peraturan tersebut menentukan hak dan tanggung jawab pemegang saham, direktur, dan pejabat dalam bisnis Anda, menghilangkan kebingungan dan menjaga formalitas perusahaan. Selain itu, bank dan kreditor dapat meminta akses ke peraturan internal perusahaan Anda untuk membuktikan keabsahan perusahaan sebelum memberikan pinjaman atau mengizinkan perusahaan Anda untuk membuka rekening.
  3. Masalah saham. Pemegang saham yang telah menyumbangkan dana, jasa, atau harta benda lain pada perusahaan berhak menerima saham (ekuitas) dalam perseroan sebanding dengan kontribusinya. Sebuah saham diklasifikasikan sebagai sekuritas dan umumnya termasuk dalam persyaratan undang-undang sekuritas negara bagian dan federal.
  4. Kirimkan dokumen lain yang diperlukan ke menteri luar negeri setempat Anda. Misalnya, di California, setiap perusahaan harus mengajukan pernyataan informasi dalam waktu 90 hari sejak pendirian dan kemudian setiap tahun selama periode pengarsipan perusahaan. Beberapa negara bagian menyebutnya sebagai “laporan tahunan”, dan persyaratan pengarsipan berbeda-beda di setiap negara bagian, dengan beberapa negara bagian tidak mengharuskan pernyataan atau laporan untuk diserahkan hingga tahun kalender berikutnya.
  5. Kirimkan formulir IRS yang diperlukan. Setiap perusahaan harus mengajukan Employer Identification Number (EIN). Ini serupa dengan nomor Jaminan Sosial perusahaan, jadi Anda akan menggunakannya saat organisasi Anda mengajukan permohonan untuk rekening bank dan saat Anda mengajukan pajak perusahaan. Melamar melalui pos biasanya membutuhkan waktu 30 hari, tetapi Anda dapat mengajukan EIN secara online dan mendapatkannya hampir secara instan.
  6. Jika Anda tidak mampu menyewa pengacara, Anda masih dapat mengirimkan aplikasi dan formulir secara online atau menggunakan agen pihak ketiga yang menyediakan layanan langsung. Namun, Wendy Barlin, CEO About Profit dan penulis Never Budget Again, memperingatkan pemilik bisnis untuk berhati-hati dengan layanan ini, karena kesalahan sesederhana menentukan kotak yang salah dapat menimbulkan konsekuensi yang mahal.

Poin utama: Untuk menjadi perusahaan, Anda perlu menyewa pengacara, menunjuk direktur dan agen terdaftar, membuat anggaran rumah tangga, menerbitkan inventaris, dan mengajukan artikel pendirian dan formulir IRS.