6 Praktik terbaik desain responsif seluler

Google business seo blogging

Sebagian besar praktik desain terbaik Google berkaitan dengan menciptakan pengalaman yang sama di perangkat seluler dan desktop. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa praktik terbaik yang membantu memastikan situs web Anda menawarkan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda.

  1. Jaga elemen penting dalam jangkauan

Sebagian besar dari kita memegang ponsel dengan satu tangan dan menggunakan ibu jari untuk menjelajahi halaman web. Ini berarti Anda perlu menjaga elemen penting dalam jangkauan jempol pelanggan. Elemen-elemen ini termasuk CTA Anda (ajakan bertindak) dan tautan penting lainnya. Misalnya, lebih mudah menempatkan bilah navigasi di bagian bawah layar, karena ini membuatnya lebih mudah dijangkau dengan jempol.

  1. Pastikan CTA utama Anda masih terlihat

Sebagian besar situs web memiliki CTA utama mereka di bilah navigasi. Misalnya, ‘Pelajari Lebih Lanjut’, ‘Penawaran Gratis’, ‘Buat Janji’, ‘Telepon Sekarang’, ‘Minta Demo’, dan sebagainya. Namun pada ponsel, CTA utama ini sering kali dihapus dari bilah navigasi utama, sehingga mengurangi konversi Anda secara signifikan. Ini menyoroti pentingnya mendesain untuk audiens seluler terlebih dahulu dan kedua desktop

  1. Prioritaskan tata letak untuk perangkat seluler

Perbedaan yang jelas antara desain responsif untuk seluler dan tablet serta komputer desktop adalah ruang yang tersedia di layar. Di komputer desktop, ada banyak ruang untuk menata halaman Anda, menampilkan paragraf, tabel, bagian, dan blok yang berbeda.

Pada Update Algoritma Google terbaru ini backlink tidak menjadi hal yang utama, tapi desain yang responsive dan mobile friendly walaupun bukan berarti anda tidak menggunakan Jasa Backlink PBN sama sekali.

Namun pada ponsel, semua elemen ini akan ditumpuk satu sama lain, menciptakan halaman yang sangat panjang. Untuk halaman web dengan sedikit elemen, ini bukan masalah besar, tetapi untuk halaman dengan banyak elemen, termasuk elemen yang menampilkan informasi baru saat kursor diarahkan ke atasnya, ini adalah masalah besar.

Halaman ini akan sangat panjang, dan elemen hover tidak akan berfungsi. Inilah mengapa kami menggunakan pendekatan yang mengutamakan seluler dan merancang situs web dengan tata letak yang sesuai dengan perangkat seluler, kemudian menyesuaikan desain ini untuk komputer desktop.

5 Cara Meningkatkan Hasil SEO Anda

  1. Gunakan gambar SVG bukan JPG atau PNG

Gambar di situs web responsif harus dapat diskalakan, menambah dan mengurangi ukurannya sambil menjaga gambar tetap tajam dan jelas. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan gambar SVG (grafik vektor yang dapat diskalakan) dan bukan gambar JPG atau PNG di situs web responsif seluler Anda. File SVG dimuat dengan cepat, membantu situs Anda memuat lebih cepat di browser penelusur.

Meskipun disarankan menggunakan file SVG, ini hanya tersedia untuk grafik yang dihasilkan komputer, bukan foto normal. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberi pengembang Anda semua resolusi yang digunakan pada perangkat seluler.

Pengembang Anda kemudian dapat memastikan bahwa setiap foto di halaman diekspor dengan resolusi yang benar, tergantung pada perangkat. Ini sedikit lebih banyak pekerjaan pada awalnya tetapi pada akhirnya terbayar.

Untuk anda yang ingin tahu lebih jauh tentang teknik pemasaran online, bisa mengunjungi Zen Magazine Blog, disana sudah dibahas denganĀ  sangat jelas.

  1. Memanfaatkan perangkat keras asli

Lain dari desain praktik terbaik ponsel responsif menyangkut perangkat keras mobile. Itu karena perangkat keras pada ponsel dapat dimanfaatkan oleh situs web responsif seluler untuk meningkatkan kegunaan situs mereka, membuatnya lebih ramah pengguna dan meningkatkan UX.

Contohnya termasuk memindai kartu kredit, berbagi foto di media sosial, identifikasi dua faktor, dan memeriksa inventaris online. Pengembang Anda dapat mengkodekan jenis fungsionalitas ini ke dalam desain responsif seluler Anda, sementara membuatnya tidak tersedia di situs web yang terbuka di PC. Semakin ramah pengguna situs web responsif seluler Anda, semakin baik peringkat Anda dan semakin besar lalu lintas Anda.

  1. Jangan gunakan popup di situs web responsif seluler

Masalah dengan banyak popup di halaman web adalah bahwa mereka mengurangi pengalaman pengguna, terutama di halaman web seluler, di mana pengunjung tidak dapat membaca konten sampai mereka mengklik popup tersebut.

Google tidak menyukai apapun yang mengurangi UX, sehingga dapat menurunkan peringkat halaman yang menggunakan popup. Praktik terbaiknya adalah menonaktifkan popup di semua halaman web seluler, jadi jika konten popup itu penting, kami cukup menambahkannya ke bagian halaman.