Berita Sepak Bola Indonesia Terkait Piala Asia 2023

Soal Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Ini Kata Ketum PSSI - Pengamat  Sepakbola

Salah satu manfaat membaca berita adalah untuk menambah wawasan dalam berbagai bidang, tergantung berita apa yang dipelajari, seperti misalnya berita sepak bola.

Bicara tentang berita sepak bola, dalam kesempatan kali ini akan memberikan rangkuman berita sepak bola Indonesia terkait Piala Asia sebagai berikut:

  1. AFC Bakalan Kunjungi Sejumlah Stadion di Indonesia Sebelum Tetapkan Tuan Rumah Piala Asia 2023

Diberitakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan mengunjungi sejumlah stadion di Tanah Air sebelum menetapkan tuan rumah Piala Asia 2023.

 

Seperti yang diketahui Indonesia bersama Qatar, Korea Selatan, dan Australia mengajukan diri sebagai penyelenggara Piala Asia 2023 untuk menggantikan China yang mengundurkan diri.

 

Datuk Seri Windsir, selaku Sekjen AFC, telah mengirim surat kepada PSSI bahwa pihaknya akan datang ke Indonesia pada 1-4 September 2022.

 

“Pada 1 Agustus 2022, kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu, kami akan menyambut baik kedatangan mereka,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

 

Selain ke Indonesia, AFCjuga juga akan menginspeksi Australia dan Korea Selatan pada 4-7 September 2022 guna mengecek kesiapan calon tuan rumah Piala Asia 2023.

 

Yang terakhir, AFC akan menjambangi Qatar yang juga berstatus penyelanggara Piala Dunia 2022, pada 8-10 September 2022.

 

“AFC bakal mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertandung Piala Asia 2023,” jelas Yunus Nusi.

 

PSSI sendiri akan mengusulkan sejumlah stadion kepada AFC guna diperiksa, namun belum menetapkan venue yang akan menjadi lokasi pertandingan.

 

PSSI sangat berambisi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mengingat mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, termasuk Kemneterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

 

“Namun, nama-nama stadion akan digodok lebih dulu oleh PSSI sebelum akhirnya diputuskan,” ujar Yunus Nusi.

 

 

  1. Media Malaysia Kaget Indonesia Berani Mencalonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Keputusan Indonesia untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023 cukup mengejutkan berbagai pihak. Dalam hal ini, Media asal Negeri Jiran, Berita Harian, tidak menyangka Indonesia berani mengajukan diri menjadi tuan rumah untuk menggantikan China.

 

Pada Senin (18/7/2022), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan empat kandidat calon tuan rumah Piala Asia 2023. Mereka adalah Indonesia, Qatar, Korea Selatan, dan Australia.

 

Keempat Negara tersebut akan bersaing untuk menggantikan posisi China yang mundur jadi tuan rumah akibat Covid-19. Kemudian, AFC mengirimkan surat sayembara kepada negara peserta untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

 

Lalu Indonesia maju ke pencalonan setelah dipastikan lolos ke Piala Asia 2023. Perlu diketahui bahwa syarat ingin menjadi tuan rumah adalah yang lolos ke turnamen tersebut.

 

Pengumuman kandidat negara tuan rumah Piala Asia 2023 membuat kaget media Malaysia, Berita Harian. Soalnya, ada nama Indonesia yang menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara.

 

“AFC harus mencari tuan rumah baru untuk Piala Asia menyusul China mundur karena pandemic Cvid-19,” tulis Berita Harian.

 

“Kehadiran Indonesia di antara empat kandidat yang terlibat cukup mengejutkan. Sebelumnya, ada Jepang yang disebut-sebut berminat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” tulis mereka.

 

AFC sendiri akan mengevaluasi penawaran dari empat calon tuan rumah, sebelum mengambil keputusan pada Oktober 2022 oleh Komite Eksekutif (Exco).

 

“Evaluasi keseluruhan dari penawaran akan dilakukan oleh Administrasi AFC sebelum pemilihan dan pengumuman tuan rumah oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022,” bunyi pernyataan AFC.