Cara Membangun PBN Backlink serta Dampaknya Terhadap SEO Situs

Informasi tentang cara membangun PBN nampaknya sedang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia di era sekarang. Wajar saja hal tersebut dicari. Mengingat saat ini  banyak sekali master seo merekomendasikan kepada seluruh muridnya untuk membangun backlink berkualitas melalui PBN. Juga PBN sangat efektif dalam mendongkrak rating situsmu di mata mesin pencari.

Alhasil untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami menulis artikel tentang panduan bagaimana cara membangun PBN backlink, lengkap dengan dampaknya terhadap situs seperti yang biasa diaplikasikan oleh para penyedia jasa SEO. Langsung saja, di bawah ini pembahasannya :

Pengertian PBN

Sebelum kamu masuk ke materi inti tentang cara membangun PBN, kamu harus mengetahui dulu pengertian dari PBN itu sendiri beserta kepanjangannya. Supaya jika artikel ini telah membahas lebih jauh tentang hal tersebut, kamu tidak kebingungan nantinya. Dengan ini juga Anda dapat menjadi ahli SEO.

Hakikatnya banyak sekali pengertian PBN di luar sana. Ada yang mengatakan bahwa PBN merupakan kumpulan situs yang sengaja dibangun dengan tujuan memperkuat backlink pada website utama.

Ada juga beberapa situs mendefinisikan PBN sebagai salah satu alat untuk memperkuat backlink suatu situs agar terlihat baik di sistem sekaligus mampu membuat situs merangsek masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Dari semua pengertian sebagaimana disebutkan pada paragraf kedua dan ketiga. Dapat disimpulkan pengertian dari Private Blog Network adalah jaringan situs yang dibuat dan dimiliki oleh seseorang untuk meningkatkan backlink, dengan tujuan agar website mampu merangsek masuk ke halaman pertama Google.

Dampak PBN

Seperti disinggung pada sub judul pertama, tujuan dari PBN ini ialah untuk menempatkan backlink ke situs utama. Lantas mengapa mesti lewat PBN, terus apa dampaknya.

Singkatnya PBN ini punya dampak signifikan kepada berbagai aspek. Mari kita bahas satu per satu secara perlahan.

Dampak Terhadap Pengunjung

Aspek pertama adalah pengunjung. Memang dengan teknik PBN ini, situsmu mampu memperoleh pengujung dalam jumlah melimpah. Bahkan jika blog ‘hantu’ sudah terkenal dan visitor harian tembus ke angka ribuan orang, sudah pasti sekurang – kurangnya setengah dari angka tersebut masuk ke situsmu.

Dampak Terhadap Kualitas Situs

Kemudian aspek penilaian situs. Sebagaimana kita ketahui, backlink ini merupakan salah satu komponen paling dasar untuk membangun seo. Dan menempatkan backlink dalam private blog network membuat kualitas membaik.

Dampak Terhadap Biaya

Aspek terakhir ialah biaya. Untuk membentuk website sendiri, sudah memakan biaya begitu besar, paling sedikit adalah 300 ribu. Nominal tersebut dipakai untuk hosting dan domain. Nominal tersebut menjadi bertambah kalau misalnya kamu membeli backlink dari pihak ketiga. Sehingga alangkah baiknya, mending letakan link di situs kedua kamu.

Cara Membangun PBN Backlink Paling Mudah

Itulah sedikit contoh dampak PBN terhadap perkembangan situsmu. Untuk sub judul kali ini, marilah kita bahas tentang cara membangun PBN paling mudah.

Sebenarnya cara membangun PBN itu sama seperti website, yaitu kamu harus membeli domain profesional terlebih dulu, jangan lupa desain tampilan muka sebaik mungkin karena hal tersebut mampu mengundang pengunjung begitu banyak.

Selain di atas, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan juga. Langsung saja, berikut ini daftarnya:

Cara Membangun PBN dengan Menentukan Nama Situs yang Baik

Kalau kamu ingin tahu, PBN ini menurut sebagian master seo mengkategorikannya sebagai teknik black hat seo, dan mesin pencari sangat tidak menyukainya. Akibatnya tanpa pemberitahuan apapun, terkadang akses ke situsmu dibatasi total.

Nah untuk menghindarinya, maka pakailah nama situs yang terlihat profesional juga mudah diingat oleh seluruh pembaca. Jangan sampai hanya berupa angka – angka saja karena itu sangat berbahaya. Sistem nantinya menganggap sebagai ancaman keamanan dan melemparkannya jauh dari peringkat di alexa rank.

Cara Membangun PBN dengan Membeli Hosting

Layaknya website pada umumnya, untuk cara membangun PBN. Kamu juga wajib membeli hostingan dari tempat terpercaya.

Adapun mengenai ukurannya sendiri itu diserahkan keinginan pengguna masing – masing. Bisa itu besar maupun kecil. Yang terpenting adalah hostingan mampu memuat data dalam waktu cukup singkat, juga menampung ratusan artikel.

Tidak hanya itu, mengenai harganya sendiri. Kami sarankan gunakanlah yang murah – murah saja. Mengingat bahwa PBN ini tidak bakal dijadikan sebagai yang utama. Sehingga pengelolaannya pun nantinya tidak terlalu terfokuskan.

Cara Membangun PBN dengan Mengatur permalink

Walaupun Private Blog Network ini bukan situs utama kamu. Kamu tetap harus mengatur permalink sesingkat mungkin,

Tujuannya adalah supaya sistem mesin pencari menganggap bahwa PBN ini merupakan situs yang nyata, bukan hanya sebagai tempat ‘pembuangan’ backlink setiap artikel yang kamu buat di blog utama.

Dengan permalink sederhana, kemungkinan situsmu terblokir sistem sangat kecil. Malah apabila kata kunci yang disematkan punya tingkat persaingan sangat kecil, dapat meningkatkan trafik website setinggi mungkin.

Menyetting PBN

Kamu dah beli hosting, menentukan nama situs serta atur permalink? Mungkin kamu juga harus mengatur PBN. Lantas apa saja yang mesti di atur? Jawabannya relatif banyak, antara lain tampilan situs, domain sampai pasang plugin.

Kenapa semua hal tersebut mesti dilakukan? Alasannya tidak lain dan tidak bukan supaya algoritma Google percaya bahwa situs yang menjadi ‘dumping ground’ link itu benar – benar nyata, dan berfungsi sebagaimana semestinya.

Berbicara mengenai cara membangun PBN, sudah banyak artikel membahas tentang perkara tersebut. Tugas kamu hanya membaca semuanya, jangan lupa untuk mengaplikasikannya ke kehidupan sehari – hari. Apabila suatu saat mengalami kendala atau pertanyaan, maka sampaikanlah ke sang penulis artikel.

Menentukan jumlah backlink yang akan dipasang

Tujuan dibangunnya private blog network ini ialah supaya situs kamu memiliki penilaian bagus di mata mesin pencari dengan cara membangun jaringan link begitu kuat.

Meski demikian, tolong jangan terlalu over dalam menempatkan link. Khawatirnya pihak Google bakal menganggap situsmu itu membahayakan keamanan sistem sehingga kapanpun juga, situsmu dapat terblokir.

Usahakan sebelum membangun PBN, tentukan berapa jumlah link yang bakal disematkan pada PBN. Bisa itu 4, 5 sampai 7 kali. Tapi menurut pengamatan kami, 4 jauh lebih efektif ketimbang lainnya.

Gunakan Long Tail Keyword

Banyak sekali kata kunci tersedia di zaman sekarang. Sayangnya dari semua itu, mayoritas memiliki tingkat persaingan begitu tinggi. Menimbang jumlah pelaku/pemain di dunia blog sendiri sudah tidak terhitung lagi. Berbeda saat blog pertama kali diperkenalkan.

Alhasil supaya PBN dapat dikunjungi oleh ribuan pengunjung. Pastikan kamu selalu menggunakan kata kunci panjang semisal cara membangun PBN. Sebab biasanya tingkat persaingan juga kesulitan kata kunci relatif rendah ketimbang yang tinggi.

Di sisi lain ketika seorang pengguna mencari segala sesuatu di internet, terutama berhubungan dengan pendidikan. Mereka cenderung memasukan pertanyaannya langsung ke kolom pencarian. Kebiasaan itulah sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan trafik blog.

Ketikan artikel seperti moneysite

Kalau kamu hanya memenuhi PBN dengan link – link saja. Kemungkinan besar sistem bakal membatasi akses ke tempat kamu.

Sehingga mau tidak mau, demi menghindarinya. Pastikan kamu menulis artikel sebagaimana mestinya. Tidak lupa, pasang dan sebarkan kata kunci secara merata agar artikel tersebut lolos dan merangsek masuk ke Google E-SERP.