Cara Membuat Surat Mou Jual Beli

Cara Membuat Surat Mou Jual Beli

Pembuatan dari surat MOU jual beli merupakan salah satu informasi hukum yang perlu Anda ketahui. Hal-hal seperti ini bisa saja terjadi ketika melakukan sebuah transaksi pembelian dalam jumlah besar, entah itu tanah rumah dan kendaraan.

Fungsi MoU (Memorandum Of Understanding)

Negosiasi ketika menggunakan MOU merupakan hal paling tepat karena memang meminimalisir terjadinya ketidakpastian dalam sebuah transaksi. Dengan demikian, baik itu pihak penjual ataupun pembelinya sama-sama merasakan nyaman.

Berikut ini beberapa fungsi lain dari memorandum of understanding:

  • Mampu menyatukan tujuan kedua pihak dalam satu hubungan bisnis.
  • Dapat menjadi gambaran umum mengenai bagaimana kontrak bisnis akan berjalan ke depannya.
  • Akan jadi bukti sebagai negosiasi awal dalam transaksi.
  • Mampu mempermudah pemutusan hubungan jika saja tidak terjadi kesesuaian. Karena memang hukum tidak menjadi pengingatnya.

Cara Membuat Surat Mou Jual Beli Yang Benar

Dikarenakan memorandum of understanding ini bentuk kesepahaman dari dua pihak. Maka idealnya isi dari MOU tersebut memiliki kriteria sangat umum. Karena untuk bisa menyatukan satu pendapat dari antara penjual dan pembelinya. Berikut ini merupakan hal-hal yang dicantumkan:

  1. Penulisan Judul dan Pembukaan

Bagian isi pertama adalah judul, dan biasanya pencantuman tersebut menjadi hal paling penting. Sebab nantinya menunjukkan siapa saja pihak-pihak yang akan terlibat dalam negosiasi kontrak bisnis tersebut. Lalu jangan lupa pula untuk melampirkan logo dari perusahaan.

Langkah selanjutnya yaitu penulisan dari pembukaan yang akan jadi sisi surat. Berisikan perincian dari keterangan waktu ataupun tempat terjadinya negosiasi dari nota kesepahaman. Lalu ada juga keterangan dari identitas pihak beserta uraian singkat mengenai pokok pikiran.

  1. Perihal MOU

Perihal ataupun substansi dari momerendum of understanding ini merupakan bagian paling penting. Karena pada umumnya, akan mencakup mengenai tujuan dari dibuatnya surat itu. Kemudian bagaimana ruang lingkup kontrak bisnis ketentuan wewenang.

Bukan hanya itu saja, biasanya juga akan tertuliskan kehendak dari masing-masing pihak, periode dari perjanjian tersebut. Baru setelah itu melampirkan beberapa persyaratan lain yang dirasa memang penting oleh seluruh stakeholder.

  1. Penulisan Penutup dan Tanda Tangan Pihak-pihak Terkait

Sedangkan isi selanjutnya yaitu penutup dari surat tersebut. Biasanya akan menerangkan jika nota kesepahaman tersebut dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Hampir sama dengan penutup lainnya karena bisa menggunakan kalimat ringkas.

Baru setelah itu dokumen tersebut harus melampirkan sebuah tanda tangan dari pihak-pihak terkait. Karena nantinya hal itu akan jadi sebuah bukti jika nota kesepahaman telah dibuat sesuai dengan kesepakatan bersama. Jadi informasi hukum baru bukan, karena belum pernah lakukan hal ini.

Surat Perjanjian Jual Beli Kendaraan

Tercatat di tanggal 17 Januari 2021 telah terjadi suatu kesepakatan di antara pihak pertama sebagai pemilik kendaraan, atau penjual dari satu unit Honda Civic 2018. Serta pihak kedua yang jadi pembeli ataupun penerima kuasa kendaraan.

Yang telah bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Muizzuddin Al Ghazi

Tempat, tanggal lahir: Malang 20 Agustus 1998

Alamat: Jalan Abu Hunain Nomor 1, Malang

Pekerjaan: karyawan swasta

Berikutnya disebut sebagai pihak pertama

Nama: Febrianto Indra Kusuma

Tempat, tanggal lahir: Batu 17 Februari 1995

Alamat: Jalan Adi Kusuma Nomor 1 Punten

Pekerjaan: Wirausaha

Pihak pertama melakukan sebuah perjanjian kepada pihak kedua apabila menjual satu unit kendaraan Honda Civic tahun 2018 berwarna merah. dengan nomor plat sekian kepada pihak kedua. Sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan jika dijual dengan harga 250 juta.

Demikian surat perjanjian dari jual beli kendaraan atas kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari beberapa pihak. Segala bentuk kejadian ataupun kerusakan yang dialami akan ditanggung oleh pihak kedua.

Malang, 17 Januari 2021

Pihak Pertama                  Pihak Kedua

Febrianto Indra Kusuma   Muizzuddin Al Ghazi.

Saksi

 

Nurdin Halid

 

Itulah sekilas informasi mengenai pembuatan surat MOU jual beli dan jadi informasi hukum terbaik. Agar tidak salah langkah dalam prosesnya.