Cara memulai menanam sistem Hidroponik untuk pemula

Istilah Hydropinics muncul ketika revolusi tanaman sedang berlangsung. Saat itu, beberapa orang sedang bereksperimen dengan penanaman tanpa tanah.

 

Menggunakan air sebagai media tanam adalah cerita lain. Dimana masyarakat dulu banyak menggunakan media terestrial. Beberapa orang kini telah beralih ke media air.

 

Sementara waktu mengubah pengetahuan seseorang, tidak semua orang bisa. Ibarat menanam sistem hidroponik, banyak orang yang sudah mengetahuinya namun belum memahami sepenuhnya.

 

Sebagian besar dari mereka hanya memiliki pemahaman sederhana tentang media tanam air. Artikel ini akan membahas secara menyeluruh tentang penanaman sistem baru. Ini juga akan membahas apa tingkat keberhasilannya.

 

Mengetahui spesies adalah wajib bagi pemula yang ingin memulai bisnis yang berkembang atau menjadi besar. Padahal, ada banyak jenis media tanam dengan air. Namun tidak semua bisa diterapkan.

 

Sistem sumbu adalah salah satu cara termudah untuk menerapkan penanaman baru menggunakan media berair. Hidroponik menganggap tanaman itu pasif dan tidak mau bergerak, jadi gunakan bantuan sumbu.

 

Gunakan sumbu untuk menyusun sumber nutrisi sehingga dapat mengalir ke semua tanaman. Sumbu dari kain flanel, yang mudah menyerap air. Padu padankan dengan media tanam rock wool.

 

Berikut langkah-langkah menanam hidroponik

 

Sebelum menanam sistem budidaya Anda, Anda harus menyiapkan beberapa bahan. Kami akan meminta Anda untuk melakukan budidaya sederhana. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda selesaikan:

 

Siapkan bahan yaitu air, botol, gunting, inti kompor, kain flanel, media tanam wol batu, paku, nutrisi pupuk cair atau AB Mix. Botol bisa pakai botol bekas 600ml.

Untuk membuat sistem sumbu, potong botol menjadi 2 bagian, dekat leher dan tutup berlubang, masukkan sumbu ke tutup, masukkan media tanam di atas, dan isi botol dengan air.

Langkah selanjutnya adalah memilih bibit hidroponik yang memiliki beberapa referensi yang bisa Anda pertimbangkan. Bisnis tanaman biasanya mencakup sawi, selada, dan buah naga.

Setelah benih dipilih, langkah selanjutnya adalah menaburnya. Pembibitan dilakukan dengan memotong rock wool, kemudian membasahi media, membuat lubang 2 mm, memasukkan benih, dan meletakkannya di tempat gelap.

Siapkan pupuk dan jangan sampai tertinggal karena nutrisi pada tanaman pupuk tidak akan tumbuh subur. Anda bisa membuatnya sendiri, pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Langkah selanjutnya dalam hidroponik adalah proses tanam. Proses ini merupakan proses pemindahan benih yang sudah disemai. Kemudian pindahkan ke botol yang sudah jadi.

Jangan lupa untuk merawatnya secara rutin, Anda juga bisa melakukan perawatan rutin dengan pemupukan. Tahap terakhir adalah panen, dan perawatan yang cermat dapat mempengaruhi hasil.

Baca Juga : snake plant temperature tolerance outside

Memelihara kesuksesan bisnis dipengaruhi oleh faktor-faktor ini:

Jika Anda ingin berhasil tumbuh tanpa tanah, maka Anda harus memperhatikan faktor-faktor ini. Air merupakan faktor penting, tetapi tidak semua air bermanfaat untuk budidaya tanpa tanah.

 

Ada alat untuk mengukurnya, jadi bukan sembarang air yang akan Anda gunakan. PH air sangat berpengaruh. Sekitar 5-6 Ph adalah normal dan dapat bertahan pada suhu 25-30 derajat Celcius. Maka budidaya hidroponik berhasil.

 

Selain itu, matahari juga penting sebagai sumber energi alami dari tumbuh-tumbuhan. Karena sinar matahari yang tidak cukup dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Jadi pastikan ada cukup sinar matahari untuk mencerahkan ruang tanaman Anda.

 

Dan jangan lupa sistem water sportnya, Anda harus mengganti airnya dengan air tawar setiap beberapa hari sekali. Perawatan tanaman yang ditanam dalam sistem hidroponik harus hati-hati dan teratur.

 

Pipa atau botol yang Anda gunakan tidak boleh berbaris. Dan juga hindari lumut yang menempel pada botol atau pipa. Lumut sering menghalangi aliran air. Sebagai pemula, Anda harus memeriksanya dengan cermat.

 

Instalasi air yang baik menggunakan pompa dari 1 sumur. Instalasi dikontrol dengan baik sehingga penggantian air dijadwalkan pada waktu yang bersamaan. Membuat instalasi harus berkonsultasi dengan ahlinya.

 

Sebagai pemula, jika ingin membuat instalasi air yang baik, sediakan genset portabel sebagai pengganti listrik. Bisa mati sewaktu-waktu, sehingga tanaman hidroponik akan tumbuh dan panen sesuai harapan.

 

Suka topik tanaman kunjungi All About Gardening