Cara Mengecek Jasa Terima Pembayaran Online yang Terpercaya

Apakah anda merasa ragu dalam menggunakan aplikasi transaksi online karena keamanannya? Anda tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan mudah berkat bantuan lembaga keuangan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebab, seluruh kegiatan keuangan di Indonesia wajib diawasi olehnya. Anda bisa mengecek layanan transaksi melalui OJK.

Langkah Memeriksa Jasa Pembayaran Online melalui OJK

1. Laman OJK

Untuk memeriksa apakah perusahaan asli atau palsu, anda dapat mengetahuinya dengan mengakses laman resmi OJK yaitu ojk.go.id yang bisa anda coba sekarang juga. Pada halaman depan, ada banner yang bertuliskan “Daftar Pinjaman Online Berizin di OJK” dan dari sini anda dapat mengaksesnya.

Cara lain yang juga bisa anda lakukan yaitu dengan memilih pilihan kanal IKNB. Lalu, anda dapat memilih “Fintech”. Anda dapat melihat dari daftar perusahaan teknologi finansial yang telah mengantongi izin OJK. Anda bisa langsung mengetahui perusahaannya legal dan di bawah OJK. Anda bisa mengakses laman sikapiuangmu.ojk.id.

2. Berizin Resmi

Cara mengecek jasa terima pembayaran online yang terdaftar di OJK adalah dengan meminta perusahaan untuk menunjukkan surat izin resmi yang telah dikeluarkan oleh lembaga keuangan OJK. Ada ciri khusus dari surat aslinya yaitu terdapat kode QR nya. Anda bisa memindainya agar terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id.

3. Kontak Resmi OJK

Anda dapat memeriksa perusahaan terima pembayaran yang terdaftar di OJK lainnya. Selain melalui laman, anda dapat mengaksesnya melalui WhatsApp, nomor telepon, dan alamat email resminya. Nomor telepon resminya yaitu kontak OJK 157. Anda juga dapat mengaksesnya melalui WhatsApp dengan nomor 081-157-157-157. Sementara itu, alamat emailnya yakni [email protected]

Ketahui Resiko Transaksi di Pelayanan yang Tidak Terdaftar OJK

1. Pencurian Data Pribadi

Salah satu faktor kerugian bertransaksi yang sering dihadapi oleh masyarakat yaitu dengan melakukan bertransaksi dengan lembaga keuangan yang ilegal. Perusahaan ini tentunya tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan ini, data pribadi pengguna tidak terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, terror kontak pinjaman ilegal marak terjadi.

2. Penagihan Tidak Etis

Risiko lain apabila anda melakukan transaksi keuangan di pelayanan transaksi illegal, anda akan mendapatkan pelayanan yang semena-mena seperti dimaki dengan kata-kata kasar hingga dilecehkan. Terlebih lagi, adanya teror penagihan yang merambat ke orang-orang terdekat anda dengan mengakses melalui aplikasi Fintech. Tentu, hal ini sangat mengganggu.

3. Kerugian Ekonomi

Tanpa pengawasan OJK, penggunaan aplikasi transaksi online dapat menyebabkan kerugian ekonomi. Pada umumnya, masyarakat tergiur akan janji keuntungan yang berlipat-lipat dalam waktu singkat. Uang yang disetorkan di aplikasi tiba-tiba lenyap tanpa adanya keuntungan yang dijanjikan. Alhasil, pengguna tidak mendapatkan apapun dari pihak OJK.

Dapat disimpulkan bahwa cara mengecek jasa terima pembayaran online bisa dilakukan dengan mudah. Disamping itu, hal ini wajib dilakukan agar anda terhindar dari pelayanan transaksi palsu dan kejahatan online. Layanan Duitku merupakan salah satu aplikasi transaksi yang dapat diandalkan karena keamanan dan kenyamanan yang ditawarkannya.