Impor Barang dari Taiwan dengan Mudah

impor barang dari Taiwan 2

Taiwan merupakan salah satu negara yang sudah lama menjalin kerjasama dengan Indonesia. Selain pemerintahannya, masyarakat sipil juga sering impor barang dari Taiwan. Berbagam macam benda mulai dari sepatu, furniture, mesin, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi

Alur Impor Barang dari Taiwan ke Indonesia

impor barang dari Taiwan 1

Sebenarnya setiap barang pasti punya ketentuan masing-masing mengenai tahapan atau alur dari impor barang ke negara luar. Namun kebanyakan punya rules yang sama dari pembelian sampai barang sudah tiba di tujuan, jadi secara garis besarnya adalah seperti penjelasan dibawah ini.

  1. Melakukan Pembelian Barang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah importir membeli barang di luar negeri. Bisa dari marketplace negara tersebut atau skala Internasional seperti Amazon, atau dapat barang dari para supliernya langsung. Bisa langsung minta harga asli sebelum ada pajak atau biaya tambahan lainnya.

Setelah itu tentunya checkout barang. Untuk yang di marketplace lakukan seperti saat berbelanja di online shop. Namun jika dari supplier dan baru pertama kali bisa coba tanyakan pembayaran harus dilakukan dari mana. Kalau bisa segara bayar sebelum lewat dari 1 x 24 jam.

  1. Perhitungan Ongkos Kirim

Biasanya masing-masing supplier sudah punya langganan kurir dan ekspedisi layanan pengiriman paket ke Indonesia. Namun tidak mempermasalahkan juga jika seandainya konsumennya punya jasa kirim yang lain. Salah satu paling direkomendasikan adalah Kilo.id

Disana Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya saja free pick-up untuk beberapa kota yang ada di negara tersebut. Tinggal masuk ke situs resminya saja yakni Kilo.id. Tersedia beragam informasi lengkap untuk menjawab pertanyaan dari para pengguna yang akan kirim barang ke Indonesia

  1. Pilih Jalur Pengiriman

Jika tidak memilih ekspedisi maka tinggal terima barang sampai di rumah saja. Namun estimasi waktunya bisa saja jadi molor, dengan Kilo.id bisa mendapatkan akses untuk memilih sendiri jalur pengiriman yang diinginkan. Bisa lewat udara dengan pesawat atau cargo laut pakai kapal.

Kedua jalur ini pastinya punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya saja dengan udara maka ongkos kirimnya bisa jadi lebih mahal, namun estimasi ketepatan waktu lebih cepat. Sedangkan pakai jalur laut biaya memang murah tapi waktu kirimnya jadi lebih lama.

  1. Pemeriksaan Barang

Saat sudah sampai di Indonesia barang tidak diantarkan langsung ke alamat penerima, melainkan dipindahkan ke gudang dan harus menjalani pemeriksaan fisik terlebih dulu. Proses ini tidak terlalu lama dan disaksikan langsung oleh pihak pengiriman jasa juga, semuanya dijalankan dengan trasnparan.

Pemeriksaan barang akan dilakukan dua kali, yang terakhir adalah dengan petugas dari Ditjen Bea Cukai. Keduanya sama-sama disaksikan langsung oleh jasa pengiriman. Jika memang ada yang mencurigakan akan ditahan terlebih dulu untuk setelahnya dilakukan pemeriksaan lanjutan.

  1. Kirim Ke Alamat

Terakhir setelah barang dinyatakan lolos maka akan langsung dikemas untuk selanjutnya dikirim ke alamat yang bersangkutan. Namun bagi paket yang nilainya lebih dari USD$75 akan dikenakan tarif bea cukai.

Proses pengurusan tambahan biaya dari bea cukai sendiri juga sudah diinformasikan oleh pembeli sebelum pengiriman barang. Sehingga pembayaran ongkos termasuk dengan tambahan dari bea cukai tersebut.

Jika semuanya sudah siap dan beres barang akan segera diantarkan sesuai alamat sesuai dengan uruta rutenya. Itulah sedikit gambaran dari proses atau alur impor barang dari Taiwan ke Indonesia, sebenarnya tidak beda jauh dengan antar paket lewat belanja online.