Ini Dia Jenis Susu Berdasarkan Kandungan Lemak yang Perlu Kamu Tahu

Ini Dia Jenis Susu Berdasarkan Kandungan Lemak yang Perlu Kamu Tahu

Bagi kamu yang belum tahu nih, ternyata susu banyak jenisnya. Jenisnya ini pun bisa dibedakan dari beberapa hal loh. Salah satunya adalah jenis susu yang dibedakan berdasarkan kandungan lemaknya. Di mana kamu jadi tahu nih, jenis susu apa yang cocok untuk kamu konsumsi.

Ingin tahu apa saja jenis susu yang berdasarkan kandungan lemak? Ayo langsung saja cari tahu jawabannya di bawah ini.

3 Jenis Susu Berdasarkan Kandungan Lemaknya

  1. Susu Full Cream

Jenis susu pertama adalah susu full cream. Jenis susu yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Di mana kamu  bisa menemukannya di mana pun, baik di warung, minimarket, supermarket, maupun toko online. Selain itu, susu full cream bisa kamu temukan dalam bentuk cair maupun bubuk.

Seperti namanya, susu full cream ini rasanya sangat creamy serta legit. Hal ini karena susu full cream mengandung sekitar 5% lemak jenuh per gelasnya. Di mana 5% lemak jenuh setara dengan 20%  kebutuhan lemak harian.

Selain itu, susu full cream juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam satu gelas susu full cream mengandung sekitar 150 kalori. Di mana kandungan kalorinya hampir dua kali lipat dari susu rendah lemak.

Dari kandungan lemak serta kalorinya, susu full cream sangat cocok dikonsumsi kamu yang ingin menaikkan berat badan. Sedangkan, untuk kamu yang sedang menjalankan diet, hindari minum susu full cream ya.

  1. Skim Milk

Skim milk merupakan susu yang memiliki kadar atau kandungan lemak serta kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan susu full cream. Dalam hal ini skim milk mengandung sekitar 0 – 0,5% lemak, dan 80 – 90% kalori.

Oleh karena itu, skim milk ini merupakan pilihan susu yang cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet. Namun, susu ini tidak boleh dikonsumsi untuk anak dengan usia di bawah 5 tahun ya. Hal ini karena anak yang berada usia tersebut masih membutuhkan lemak dan kalori yang tinggi untuk asupan energinya.

  1. Susu Kental Manis

Jenis susu berdasarkan kandungan lemak yang terakhir adalah susu kental manis. Di mana susu kenal manis sudah sangat banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam merek serta dikemas dalam bentuk sachet maupun kaleng.

Dan mungkin banyak nih dari kamu yang menganggap susu kental manis ini bukanlah susu karena banyaknya gula yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, tanggapan kamu yang satu ini salah ya. Di mana susu kental manis merupakan susu yang berasal dari perahan sapi yang diuapkan dalam waktu yang cukup lama.

Di mana proses penguapan ini bertujuan untuk menghilangkan sebagian besar air yang terkandung dalam susu, sehingga bentuknya lebih kental. Selain itu, proses penguapan ini juga membuat kandungan air lebih rendah, dan lebih banyak kandungan gulanya, karena ada penambahan gula yang cukup banyak dalam proses penguapannya.

Itulah informasi seputar jenis susu berdasarkan kandungan lemaknya. Setelah mengetahui informasi ini semoga kamu lebih bijak dalam memilih susu yang akan kamu konsumsi ya.