Bagaimana Memilih Layanan Pengiriman Mobil yang Berkualitas

Layanan pengiriman mobil banyak digunakan oleh mereka yang ingin mengirim mobil ke luar kota maupun antar pulau. Ada begitu banyak perusahaan jasa yang menawarkan transportasi atau pengiriman mobil anta kota, antar provinsi atau antar pulau di Indonesia. Namun, tidak banyak di antara perusahaan tersebut yang menawarkan jasa ekspedisi pengiriman mobil dengan harga yang murah dan kualitas layanan yang terjamin serta  profesional.

Karena itulah  bagi Anda yang ingin memanfaatkan jasa tersebut, Anda harus tahu bagaimana caranya memilih layanan yang baik dan tepat karena tidak semua layanan jasa kirim mobil berkualitas dan ekonomis. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui sebelum memilih jasa ekspedisi pengiriman mobil.

Untuk menghindari kesalahan saat pengiriman mobil, ada baiknya Anda memperhatikan 5 tips  sederhana memilih layanan jasa pengiriman mobil yang berkualitas dan ekonomis.

  • Memiliki sertifikasi resmi

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih layanan pengiriman otomatis adalah sertifikat. Sederhananya sertifikat adalah izin operasional dari instansi terkait untuk membuka usaha. Untuk memastikannya, Anda bisa mengeceknya langsung melalui halaman resmi atau website penyedia layanan  jasa kirim mobil yang ingin Anda pilih.

Di situs resminya, jasa pengiriman mobil umumnya menampilkan informasi tentang alamat kantor, lisensi/sertifikat resmi, nomor telepon, email, dan layanan mereka. Selain itu, Anda juga bisa datang langsung ke kantor mereka. Dengan cara ini Anda bisa langsung bertanya tentang jenis layanan yang tersedia dan fasilitas yang ditawarkan secara lebih detail.

  • Memiliki jaminan asuransi

Anda harus pandai memilih jasa pengiriman mobil yang memiliki pertanggungan asuransi. Memiliki jaminan asuransi berarti mobil Anda saat ini dilindungi oleh asuransi pengiriman. Selain itu, layanan mereka  juga dapat memastikan bahwa kendaraan yang akan Anda sewa dalam kondisi baik hingga sampai di tempat tujuan dan diterima oleh si penerima

  • Harga sebanding dengan kulitas layanan

Biasanya, ada berbagai jenis layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan pengiriman. Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan bujet Anda. Ongkos kirim mobil murah bisa bersifat port to port. Layanan ini menyediakan jasa pengiriman mobil Anda hanya antar pelabuhan.

Namun jika Anda ingin lebih simpel dan praktis, Anda bisa memilih jasa pengiriman mobil door-to-door yang lebih mahal dengan layanan bongkar muat. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal, lebih praktis karena mobil akan diantar dari pelabuhan ke tangan penerima, namun pengirimannya aman.

  •  Memiliki fasilitas dan layanan  yang memadai

Tips selanjutnya untuk memastikan layanan pengiriman mobil  yang Anda pilih merupakan jasa  kirim mobil terbaik adalah dengan melihat fasilitas dan layanan seperti fasilitas lokasi. Hal ini berguna untuk melacak keberadaan pengiriman mobil Anda melalui website dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Sayangnya tidak semua jasa pengiriman mobil memiliki fitur tracking ini.  Padahal fitur ini sangat penting untuk memudahkan Anda sebagai konsumen mengetahui keberadaan kiriman mobil Anda dan update kondisi terbarunya. Dengan begitu,  Anda  tidak perlu mengkhawatirkan proses pengiriman mobil Anda.

Selain itu, pilihlah perusahaan jasa pengiriman mobil yang juga menyediakan pengemasan dan tenaga ahli yang dapat melakukan bongkar muat.

  • Memiliki lebih banyak pilihan transportasi

Dalam bisnis pengiriman barang otomotif, biasanya terdapat beberapa pilihan transportasi seperti trailer (truk), container (penggunaan peti kemas), car driver (kurir atau pengemudi khusus) dan car transporter (5 kendaraan pengangkut).

Anda bisa memilih salah satu alat transportasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika mobil perlu dikirim ke luar pulau, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman Kapal Roro. Kapal tersebut dapat memberika layanan port-to-port yang mampu melakukan proses pengiriman antar pelabuhan.

Tapi jika Anda ingin lebih aman dan tidak repot, pilihlah tipe container atau self-driving dengan layanan door-to-door. Selain itu yang perlu jga diperhatikan adalah pengirim juga harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh perusahaan jasa pengiriman mobil. Salah satunya adalah dengan mengkondisikan mobil yang dikirim tersbut bebas dari barang-barang pribadi.

Umumnya perusahaan asuransi tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan barang di dalam mobil yang dikirimkan. Tidak disarankan pula meletakkan benda-benda di dalam mobil yang dapat merusak interior, terutama benda-benda yang mudah menimbulkan benturan. Persyaratan ini harus diperhatikan oleh Anda sebagai pengirim mobil .

Dan tak kalang pentingnya adalah benar-benar memastikan bahwa jasa ekspedisi  yang Anda pilih memiliki sertifikasi atau izin operasional resmi. Ini  sangat penting sebab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda lebih mudah mengatasinya. Untungnya, perusahaan sekelas Transloka sudah memiliki sertifikasi legal tersebut.

Itulah tips memilih jasa pengiriman mobil agar proses pengiriman mobil Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.