Manfaat Tanaman Pucuk Merah Bisa Sebagai Pagar

9 Manfaat Pucuk Merah, Tanaman Hias Nan Cantik Yang Mampu Menjadi Pagar dan Menahan Longsor

Warna daunnya merah cerah dan sering terlihat di pinggir jalan raya. Ini adalah salah satu karakteristik paku merah. Pohon yang satu ini ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan kita, lho! Apakah Anda familiar dengan tanaman yang satu ini?

Memiliki nama latin Syzgium Oleana, tanaman ini memiliki daun tunggal dan tulang daun menyirip. Jika daunnya diperas, Anda bisa menghirup aroma yang menyenangkan. Untuk lebih memahami tanaman ini, yuk simak manfaat rebung di bawah ini!

Apa itu Puncak Merah?

Tunas merah termasuk dalam famili Myrtaceae, famili dengan tanaman jambu air. Daunnya tiga warna, ketika muda berubah menjadi merah, kemudian coklat, dan hijau ketika dewasa. Tanaman ini juga memiliki buah, hanya saja tidak bisa dimakan mentah.

Pasalnya, buah bulat yang dihasilkan memiliki racun. Jika Anda merawat pohon ini dengan baik, tingginya bisa mencapai 7 meter.

Anda ingin mencari pagar besi minimalis berkualitas? Yuk bisa kepoin!.

Manfaat Tanaman Pucuk Merah

1. Pucuk Merah Bisa Digunakan sebagai Pagar Alami

Karena bisa tumbuh tinggi, tanaman ini cocok untuk pagar alam. Sederhananya, lebih baik ditanam menggunakan teknik stek batang. Tujuannya agar sistem root baru yang muncul bisa tumbuh dengan baik nantinya.

Pastikan juga Anda menanamnya dalam garis lurus agar terlihat bagus dan estetis. Setelah beberapa waktu, pohon itu akan menghalangi pandangan rumah orang luar.

2. Efektif Menurunkan Kadar Kabon Dioksida di Udara

Polusi Paruh Merah Manfaat utama paruh harum adalah untuk menyerap polusi, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan.

Menurut penelitian, tanaman ini dapat menyerap karbon dioksida secara efektif. Padahal, kemampuan ini lebih baik dari tanaman lain. Hal ini disebabkan kandungan timbal dan laju fotosintesis yang sangat cepat.

3. Akar Pucuk Merah Bisa Mencegah Longsor

Akar pucuk merah memiliki struktur akar tunggang yang kuat dan kokoh, lo. Hal ini memungkinkan untuk menahan tanah dengan baik sehingga tidak mudah tererosi. Jika ditanam di area bukti, pohon ini bisa mengurangi risiko longsor. Agar lebih efektif, Anda bisa memadukannya dengan tanaman vetiver.

4. Manfaat Pucuk Merah sebagai Pengharum Ruangan

Pengharum Ruangan Alami Tak hanya memiliki warna yang unik dan cantik, kuku berwarna merah juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Ini mengandung minyak esensial dengan aroma yang menyenangkan.

Anda hanya perlu memeras atau menyaring untuk mendapatkan minyaknya. Kemudian campurkan dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot agar mudah digunakan.

5. Bahan Teh Herbal untuk Mengobati Tumor dan Kanker

Tahukah Anda, pucuk daunnya yang masih muda bisa digunakan untuk membuat teh. Teh yang dihasilkan konon bisa menjadi obat alternatif tumor dan kanker, lo. Ini karena mengandung fenolat, antioksidan flavonoid, dan asam batulinat, tiga senyawa yang dapat membantu tubuh melawan sel kanker.

6. Aromanya dapat Mengurangi Stres

Daun teh pucuk merah Daun tanaman ini juga mengandung senyawa polifenol tingkat tinggi, sehingga penggunaannya dikatakan dapat mengurangi stres. Namun, perlu diingat bahwa khasiat tersebut belum teruji secara ilmiah, ya.

7. Obat Herbal untuk Asam Urat

Daun tanaman ini memiliki kandungan yang sama dengan daun salam. Bahkan, tanaman ini juga disebut sebagai obat herbal alternatif untuk asam urat. Jika Anda memiliki kondisi ini, cobalah untuk mulai rutin meminum teh dari daunnya. Harga daun kuncup merah ini tidak mahal kok.

8. Manfaat Pucuk Merah sebagai Pewarna Makanan Alami

Pewarna Alami Saat daun tanaman masih muda, terdapat pigmen berwarna merah. Ini adalah pigmen yang dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan atau kain. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus daun tanaman sampai air yang digunakan berubah warna. Kemudian campurkan air tersebut ke dalam bahan makanan yang diinginkan.

9. Penampung Air di Musim Kemarau

Akar merah yang kuat dapat menyimpan cadangan air yang cukup besar. Tentu hal ini sangat berguna saat musim kemarau tiba. Air yang terkandung akan lebih bersih dan jernih, karena disaring oleh serat akar.
Supaya harga paku merah yang kamu beli tidak mahal, pilih yang kecil ya?