Mengenal Genteng Aspal dan Cara Mudah Perawatannya

Kebanyakan masyarakat Indonesia biasanya ketika memilih genteng untuk hunian akan memilih yang berbahan dasar genteng dari tanah liat. Apakah Anda pernah mendengar tentang genteng aspal? Genteng ini merupakan salah satu bentuk genteng alternative yang proses pembuatannya menggunakan bahan dari aspal. Akan tetapi perlu diketahui juga jika meski namanya genteng aspal namun bahan yang digunakan untuk membuat genteng tersebut tidak sepenuhnya menggunakan aspal karena masih ada beberapa bahan lain yang digunakan untuk membuat genteng tersebut. Beberapa jenis bahan lain yang digunakan untuk membuat genteng aspal antara lain seperti menggunakan serat organik, resin serta ada juga bubur kertas dan beberapa campuran bahan-bahan yang lain. 

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh genteng aspal tersebut apabila digunakan untuk atap suatu hunian yakni kemungkinan untuk mengalami kebocoran itu sangat kecil dan bahkan tidak ada sama sekali. Dan karena hal tersebut yang membuat orang sangat percaya menggunakan genteng aspal menawarkan berbagai macam kelebihan yang tidak di dapatkan pada genteng jenis yang lain. Berikut ini adalah cara perawatan genteng aspal yang baik dan benar: 

Segera perbaiki jika ada yang retak 

Kerusakan yang sering terjadi pada genteng aspal adalah biasanya mudah retak dan patah. Namun Anda jangan terlalu khawatir untuk mengatasinya karena cukup mudah untuk memperbaiki genteng aspal yang retak. Caranya cukup beri tanda pada bagian genteng yang retak dengan menggunakan spidol supaya bagian yang retak lebih terlihat dan kemudian bisa langsung Anda potong. Potong hanya dengan menggunakan cutter saja. 

Bersihkan secara rutin 

Genteng juga bisa berlumut apabila sering terkena hujan dan kondisinya juga akan menghitam. Bersihkan lumut tersebut dengan menggunakan air bersih dan sabun dengan cara menggosoknya secara perlahan. 

Cat ulang 

Karena sering terpapar sinar matahari dan terkena hujan maka warna genteng aspal akan lebih mudah pudar. Jadi dengan mengecat ulang adalah pilihan yang terbaik untuk menjaga genteng aspal supaya terlihat seperti baru dan enak dilihat. Jangan lupa gunakan pelapis anti bocor supaya genteng bisa tahan lebih lama. 

Di atas adalah beberapa cara paling mudah untuk melakukan perawatan genteng aspal supaya awet dan bisa tahan lama tidak mudah bocor. Yang perlu diingat adalah ketika Anda menggunakan genteng aspal karena bentuknya yang cukup berbeda dengan genteng pada umumnya maka dalam proses pemasangan genteng tersebut juga beda dari genteng pada umumnya. Proses pemasangan memang tergolong harus teliti dan jangan sampai ada yang retak karena proses perbaikannya juga akan butuh waktu. Namun dibalik itu semua Anda akan mendapatkan kesan dan tampilan genteng yang mewah dan tidak mudah bocor. Ditambah lagi dengan proses pemasangannya sangat mudah karena berat genteng aspal yang cukup ringan jika dibandingkan dengan genteng pada umumnya.