Pengertian, Fungsi, Ketentuan dan Manfaat Kisi – Kisi

Pengertian, Fungsi, Ketentuan & Manfaat Kisi – Kisi

Pengertian Kisi – Kisi

Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria-kriteria pertanyaan yang perlu atau perlu ditetapkan. Jadwal juga dapat diartikan sebagai cetak biru tes atau tabel spesifikasi, yang merupakan deskripsi keterampilan dan bahan yang akan diuji. Bentuknya adalah tabel dengan rincian tentang materi dan perilaku, serta hubungan/hubungan yang diinginkan hakim. Setiap kotak diisi dengan nomor yang menunjukkan jumlah pertanyaan.

Kisi-kisi adalah format dalam bentuk matriks yang berisi informasi yang digunakan sebagai pedoman untuk menulis pertanyaan atau menyusun pertanyaan dalam tes. Kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diuji. Tujuan penyusunan jadwal adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai pedoman penulisan soal.


Fungsi Kisi – Kisi

1. Pedoman/pedoman penulisan soal yang akan ditetapkan.
Pedoman menulis pertanyaan merupakan aspek terpenting ketika guru ingin memberikan pertanyaan kepada siswa. Pedoman ini akan menjadi acuan bagi guru dalam menulis pertanyaan agar lebih mudah dalam mengajukan pertanyaan.

2. Penanya akan menyusun pertanyaan yang sesuai dengan tujuan tes.
Tes merupakan bahan evaluasi guru atas keberhasilan siswa dalam belajar. Guru dalam mengevaluasi siswa akan memberikan soal tes evaluasi yang berbeda sesuai dengan tujuan evaluasi proses pembelajaran tertentu. Saat membuat soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan tes.

3. Penulis pertanyaan yang berbeda akan mengembalikan sekumpulan pertanyaan yang relatif sama, ditinjau dari kedalamannya ditinjau dari ruang lingkup materi yang ditanyakan.
Penulisan jadwal berfungsi untuk menyelaraskan rangkaian pertanyaan, sehingga memudahkan proses evaluasi.


Ketentuan Kisi – Kisi

Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut:
1. Kisi-kisi harus dapat memperbanyak isi silabus/kurikulum atau materi yang sesuai dan proporsional.
2. Komponen dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami.
3. Materi yang ingin ditanyakan bisa berupa pertanyaan.


Manfaat Kisi – Kisi

Keuntungan dari jaringan adalah pedoman untuk menulis pertanyaan atau menyusun pertanyaan dalam tes. Keuntungan lain dari jaringan adalah untuk menjamin contoh pertanyaan yang baik, dalam arti mencakup semua topik secara proporsional. Sumber Artikel: https://www.seputartahuan.co.id/ Untuk menutupi butir soal atau butir soal seluruh materi (topik atau sub topik) secara proporsional, terlebih dahulu kita harus roster sebagai panduan. Sebuah grid berisi jumlah item yang akan dibuat untuk setiap bentuk pertanyaan dan setiap topik, dan untuk setiap aspek kemampuan mengukur.