Mengenal Permainan Layangan

Permainan layangan adalah jenis permainan tradisional yang amat sangat terkenal di kalangan anak laki-laki. Utamanya anak usia Sekolah Dasar. Seiring berjalannya waktu, ternyata permainan layangan ini tidak seperti permainan tradisional lainnya yang perlahan terkikis oleh perkembangan zaman. Alih-alih ditinggalkan, ternyata permainan layangan kian ikut berkembang dan termodifikasi lebih modern.

Permainan layangan merupakan permainan yang menggunakan sebuah kertas khusus layangan yang dibentuk dengan sebuah bambu. Bambu dibuat sebagai kerangka agar kertas layangan dapat menutupi kerangka tersebut dengan sempurna. Umumnya, bentuk layangan adalah laying-layang dengan ujung runcing. Ujung bagian bawah akan dililitkan sebuah benang yang nantinya akan menjadi sebuah benda yang akan dipegang oleh sang pemain.

Sejarah Munculnya Permainan Layangan

Seperti permainan lainnya, permainan layang-layang juga memiliki sejarahnya sendiri. Permainan laying-layang ditemukan pertama kali di negeri bambu, negara China. Permainan ini ditemukan di negara tersebut sekitar kurang lebih 3.000 tahun silam. Sedangkan di Indonesia sendiri, laying-layang sudah ditemukan sejak tahun 80-an tepatnya di Sulawesi Tenggara.

Dari masa ke masa, perkembangan layangan pun ikut berganti. Dari mulai menggunakan daun berupa daun gadung, kemudian plastik, hingga kertas khusus layang-layang seperti saat ini. Meskipun dunia diguncang oleh wabah COVID-19, tidak seperti permainan lainnya, justru permainan layangan kian marak dimainkan oleh berbagai kalangan. Baik kalangan dewasa maupun anak-anak.

Tata Cara Permainan Layangan

Permainan layangan ini merupakan permainan yang sangat mudah untuk dimainkan. Bahkan tidak ada aturan pasti yang mengatur jalannya permainan layangan harus seperti apa. Untuk mulai menerbangakannya memang setidaknya butuh satu orang yang memegangi laying-layang agar dapat terbang ke atas.

Atau juga bisa menerbangkannya sendiri dengan cara berlari dan melemparkan layang-layang ke udara. Setelah dirasa layang-layang terbang dengan sempurna, maka boleh kembali ke tempat semula.

Ketika layangan sudah terbang di udara, maka tugas pemain dalah memastikan konsistensi layangan dengan angina tetap terjaga. Biasanya, angin akan membawa layangan terbang sesuai arah angin saat itu.