Tips Jitu Merawat Cincin Kawin Berlian Emas

Cincin kawin berlian emas harus mendapatkan perawatan terbaik. Pasalnya, cincin ini tidak akan lepas hingga kapanpun. Satu-satunya momen dimana Anda harus melepasnya adalah saat Anda hendak melakukan perawatan cincin ini.

Bahkan, cincin pertunangan yang masih Anda simpan hingga saat ini juga harus tetap mendapatkan perawatan meskipun mungkin Anda sudah jarang mengenakannya.
Mengapa Cincin Kawin Berlian Emas Harus Dirawat?

Alasan utama dari pertanyaan tersebut di atas adalah karena nilai yang terkandung di dalamnya. Selain karena emas dan berlian perlu mendapatkan perawatan intensif demi mempertahankan kilaunya, cincin tersebut juga memiliki kadar keras yang dapat berubah jika tidak dirawat dengan baik.

Memang, berlian adalah batu mulia dengan kadar yang paling keras. Tetapi, bukan berarti tidak perlu dirawat.

Batu berlian memiliki kadar keras yang berbeda, sesuai dengan potongan dan juga ‘wadah’ mereka yaitu logam yang melingkupinya. Beberapa berlian dapat dengan mudah rusak jika memiliki wadah logam yang tidak sesuai. Memang, berlian sering dipadukan dengan emas atau platinum, bahkan juga perak. Karena itulah, perawatan khusus harus dilakukan. Terlebih, berlian merupakan investasi bernilai tinggi.

Cara Merawat Berlian Dengan Baik

Banyak orang bertanya mengapa mereka harus melakukan pembelian berlian di gerai yang terpercaya. Sebenarnya, mereka yang membeli berlian dari penyedia bereputasi apik seperti The Palace Jeweler dan Frank & co. mengetahui bahwa mereka juga dapat melakukan perawatan di gerai resminya. Berlian dan emas yang melingkar di jari Anda dapat pudar karena paparan banyak elemen, seperti minyak, air, sabun dan banyak lagi.

Membersihkan cincin emas bertabur berlian tentu tidak boleh sembarangan. Hanya ahli yang dapat melakukannya. Selain membersihkan dari elemen yang dapat mengkontaminasi emas dan berlian tersebut, cincin tersebut mungkin mengalami kelonggaran terutama untuk wadah berlian. Pembersihan secara profesional akan dapat mengubah penampilan berlian secara keseluruhan.

Perhatikan pula cara penyimpanan. Jangan asal menaruh cincin berlian di wastafel kamar mandi. Hal ini bukan terkait dengan masalah keamanan saja. Cincin berlian harus diletakkan di tempat yang bersih, aman, serta kering. Di sinilah fungsi kotak perhiasan yang memiliki desain yang memang disesuaikan dengan penyimpanan batu berharga seperti berlian ini. Jika Anda tidak memiliki kotak perhiasan mewah dengan banyak kompartemen, Anda dapat menggunakan kotak kecil untuk menyimpan semua perhiasan berlian Anda.

Caranya? Bungkus setiap perhiasan dengan kertas tisu dan masukkan ke dalam kotak. Jangan mencampur berlian dengan perhiasan lainnya. Dan, jangan sampai Anda lupa meletakkan cincin di tepi wastafel saat Anda mencuci tangan. Jika cincin itu tergelincir ke saluran pembuangan, dapat dibayangkan berapa malam nantinya Anda akan menangisinya!

Bisakah Kita Membersihkan Berlian Sendiri?

Mungkin Anda sudah membaca beberapa tips dari internet. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda menahan diri untuk tidak membersihkannya sendiri. Lebih baik, serahkan proses pembersihan kepada yang profesional . Tidak semua bahan pembersih baik untuk berlian. Anda dapat melakukan hal ini jika memang Anda sudah mendapatkan tips dari profesional.

Cincin kawin berlian emas Anda bukan lagi sekedar penghias jari Anda dan menjadi lambang kebahagiaan Anda. Tetapi, cincin ini menjadi simbol prestise, dimana cincin dari penyedia ternama seperti The Palace Jeweler dan Frank & co. akan terlihat elegan sepanjang masa. Semua jenis perhiasan disini didesain dengan sangat eksklusif dengan bahan paling premium yang menjamin durabilitas dan keindahan abadi.