Tips Memilih Provider Internet Rumah yang Cocok

Memiliki jaringan internet di rumah dengan memasang WiFi mungkin bukan lagi jadi barang mewah dan Cara mengecek kuota Telkomsel. Segala bentuk kegiatan yang kini dilakukan sangat dipermudah dengan bantuan perangkat yang terhubung pada jaringan internet. Tentu, dalam memilih provider internet rumah juga tidak boleh asal-asalan, karena akan kamu gunakan setiap hari, 24/7.

 

Keberadaan internet di rumah juga rasanya semakin urgent karena banyak aktivitas yang tidak lagi bisa dilakukan di luar rumah. Pembatasan yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan, memaksa banyak hal harus beradaptasi. Setidaknya dengan memiliki partner provider internet rumah yang handal, kamu sudah memiliki bekal yang baik untuk beradaptasi dengan keadaan.

 

Tapi apa saja yang harus diperhatikan ketika akan memilih provider internet rumah terbaik? Untuk membantu pertimbangan yang kamu buat, berikut beberapa poin yang bisa kamu perhatikan dari koinx.id.

Kapasitas Paket Internet yang Kamu Perlukan

 

Paket internet kini kian menawarkan berbagai spesifikasi berdasarkan fokus penggunaannya. Ada yang hanya memfasilitasi kamu untuk beraktivitas ringan, seperti berkirim email, media sosial, atau sekedar hiburan ringan, ada juga yang bisa memberikan spesifikasi yang lebih baik.

 

Terkadang untuk keperluan mencari file yang kamu butuhkan ketika akan melakukan editing, internet yang digunakan juga harus benar-benar cepat dan lancar. Belum lagi, jika kamu perlu streaming tontonan dengan kualitas terbaik, internet dari provider internet rumah yang basic terkadang belum bisa memenuhi kebutuhanmu.

 

Jadi pertimbangan pertama adalah, apa yang kamu perlukan ketika mengakses internet? Semakin berat keperluannya, maka paket yang kamu pilih juga harus semakin baik kualitasnya.

Pengalaman dari Provider Internet Rumah

Sekian banyak pilihan provider internet rumah kini bisa kamu dapatkan. Mulai dari yang menawarkan paket dengan harga sangat terjangkau, hingga yang menawarkan kecepatan internet dan stabilitas sangat baik. Tentu semua produk dan paket memiliki pasarnya masing-masing. Namun apakah pengalaman yang dimiliki oleh provider tersebut benar-benar teruji?

 

Memang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya secara langsung dengan kualitas layanan yang diberikan. Namun setidaknya dengan memilih provider dengan pengalaman yang sudah teruji, terlebih yang sudah memiliki pelanggan setia di seluruh Indonesia, kamu tidak akan membeli ‘kucing di dalam karung’. Kualitas yang sudah membuat sekian banyak orang mempercayakan internetnya, tentu tidak akan mengecewakan, bukan?

Cakupan Area Layanan Provider yang Kamu Pilih

 

Poin yang satu ini tidak boleh terlewat ketika kamu ingin memilih provider internet untuk digunakan di rumah. Kebanyakan promo yang ditawarkan hanya menyebutkan harga dan spesifikasi dari paket internet yang dijual, namun tidak menyebutkan secara jelas cakupan area yang diberikan.

 

Sebenarnya kamu bisa dengan mudah mengakses situs resmi dari penyedia layanan internet tersebut. Atau jika tidak, kamu bisa langsung menghubungi layanan konsumen yang tertera pada situs tersebut. Tanyakan secara mendetail lokasi rumah yang kamu tinggali, apakah sudah masuk ke dalam wilayah layanan yang disediakan? Jika sudah, berarti lampu hijau untuk kamu memasang layanan tersebut.

Persaingan Harga Ketat, Pilih yang Paling Sepadan

Jika berbicara harga memang akan langsung berefek pada spesifikasi yang ditawarkan pada paket yang dijual. Semakin tinggi spesifikasinya, maka idealnya semakin tinggi pula harga yang harus dibayarkan. Tapi apakah hal tersebut sepadan?

 

Pertanyaan itu yang harus kamu temukan jawabannya. Bandingkan dengan produk dari provider lain, dan lihat selisih spesifikasi dan harganya. Jika memang memberikan perbandingan spesifikasi dan harga yang sepadan, rasanya tak perlu memusingkan paket yang ditawarkan oleh provider lain.