Tips untuk Investasi Properti

Untuk memulai investasi, tentukan dulu tujuannya. Dengan memiliki tujuan investasi yang jelas, Anda dapat mengetahui kapan tujuan investasi akan tercapai, apa saja indikatornya, dan menentukan properti yang akan dijadikan sebagai instrumen investasi. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti:

Jenis dan Jangka Waktu

Setelah menentukan tujuan, Anda dapat menentukan jenis investasi properti yang akan Anda pilih. Ada beberapa jenis investasi properti yaitu perumahan, gedung, tanah, perkantoran, dan lain sebagainya. Jenis properti juga erat kaitannya dengan jangka waktu investasi. Misalnya, jika Anda ingin berinvestasi dalam waktu singkat, maka tipe hunian ini sangat cocok sebagai pilihan.

Menyusun Rencana Pembelian

Menyiapkan rencana pembelian dapat dimulai dengan menentukan strategi dan mengetahui kriteria properti. Siapkan biaya pembelian dan renovasi properti yang Anda incar. Selanjutnya, lakukan survei dan perbandingan harga, lalu bernegosiasi.

Memahami Risiko

Ada beberapa risiko dalam berinvestasi di properti, seperti ketidakpastian pasar, lokasi properti yang tidak strategis, masalah struktural yang tersembunyi, likuiditas, penyitaan, depresiasi nilai, modal yang cukup besar, leverage, dan pertumbuhan yang lambat. Pastikan Anda memahami risiko tersebut agar lebih mudah dalam menentukan strategi investasi yang tepat. Namun, besar kecilnya risiko tergantung pada toleransi Anda sebagai investor.

Demikian pembahasan mengenai tips investasi properti, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Baca juga : komikcast