Usaha Sparepart Motor Untuk Pemula

Untuk menjalankan bisnis tentu pelaku harus mengetahui peluang bisnis yang bagus serta juga menentukan target pasar. Salah satu target pasar yang bisa dibidik adalah anak muda alias generasi milenial. Dimana salah satu hal yang menarik baginya adalah modifikasi motor. Maka usaha sparepart motor untuk pemula sangat peluang bagus. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan saat memulai sebuah usaha sparepart motor khusus untuk pemula: 

Rincian Modal dan Biaya Awal Usaha Sparepart Motor 

Saat membicarakan usaha sparepart motor untuk pemula, maka harus diketahui dahulu bagaimana peluang usaha tersebut pada saat ini. Jika ditinjau dari sudut pandang wirausaha melakukan bisnis sparepart motor memiliki nilai prospek yang bagus. Sebagai seorang pemula, maka wajib memperhitungkan modal awal hingga kebutuhan kebutuhan mendadak lainnya.

Pasalnya melakukan bisnis bisa dikatakan gampang gampang susah, tentunya setiap pelaku harus lebih tahan banting dalam mengatasi hal yang terjadi mendadak di tengah tengah bisnis.  Untuk modal awal yang harus dikeluarkan saat hendak melakukan bisnis ini adalah kurang lebih 30 juta. Pasalnya ini untuk mencukupi kebutuhan pembelian barang sparepart motor yang tidak murah.

Kemudian termasuk biaya sarana prasarana, biaya stok barang sparepart, hingga sewa toko. Sarana yang dimaksudkan berupa etalase kursi dan sebagainya. Misalnya membeli etalase atau rak sekitar 6 juta.  Kemudian untuk kulakan mencapai sparepart sekitar 25 juta. Maka modal yang harus dikeluarkan adalah 31 juta. Jangan lupa untuk memperkirakan biaya perbulannya sewa tempat, biaya listrik hingga air juga kurang lebih sekitar 2,5 juta. 

Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Pemula Sebelum Memulai Usaha Sparepart Motor

Setelah dijelaskan peluang usaha sparepart motor saat ini yang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Maka bagi yang tertarik bisa segera memulai usaha tersebut. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan dalam melakukan usaha ini:

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Hal yang pertama harus dilakukan oleh pemilik sebuah bisnis adalah terkait dengan pemilihan lokasi Ruko yang disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Tentunya modal tersebut harus bisa digunakan untuk beberapa hal. Pertama pastikan sudah memikirkan terkait dengan modal sewa ruko. 

Untuk hal ini sebenarnya juga berkaitan dengan lokasi toko. Biasanya jika tempat yang digunakan merupakan pusat aktivitas masyarakat seperti di tengah kota dan sebagainya maka modal sewa ruko akan jauh lebih banyak. Namun, peluang untuk mendapatkan banyak customer juga lebih tinggi.

Info Lainnya : Berapa Modal Awal Usaha Sparepart Motor? Yuk Kita Bahas Hingga Tuntas!

2. Membeli Kebutuhan Barang di Toko Sekaligus Stoknya Harus Siap

Setelah lokasi dan biaya sewa sudah tertata dengan baik, maka saatnya memperhatikan terkait dengan kebutuhan barang yang harus ada di toko. Jika usaha ini adalah sparepart motor maka terkait mesin dan lain-lainnya harus tersedia. Usahakan juga menyediakan banyak produk dari berbagai merk. 

Jadi, saat pembeli menginginkan suatu produk dari merek tertentu pemilik bisa mencukupi kebutuhan tersebut. Dan salah satu yang akan menarik pelanggan adalah karena barang ketersediaan yang sangat lengkap. Tidak hanya barang saja yang dipersiapkan, namun terkait dengan rak atau etalase untuk meletakkan barang tersebut juga harus dimasukkan list daftar belanjaan sebelumnya.

3. Biaya Operasional dan Karyawan

Setelah barang dan perlengkapan toko tersebut sudah siap, maka saatnya pemilik memikirkan untuk pengeluaran bulan. Hal ini terkait dengan biaya listrik, gaji karyawan hingga internet jika ada. Tentunya sebagai seorang pemula hal semacam ini harus sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Demikian itu usaha sparepart motor untuk pemula, tentunya usaha ini akan berjalan lancar jika pebisnis juga mempersiapkan kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan sebelumnya. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang matang sebuah usaha lebih mudah untuk dikendalikan.

Dapatkan artikel menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com