Waspadai Bayimu Mengalami Gagal Tumbuh

Adalah normal bagi bayi untuk tumbuh pada tingkat yang berbeda, tetapi kegagalan pertumbuhan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi atau anak yang tidak tumbuh dengan baik. Penyebab kegagalan pertumbuhan mungkin termasuk:

Dokter bayi Anda mungkin mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kegagalan pertumbuhan, termasuk:

Tes yang mungkin dilakukan untuk mendiagnosis kegagalan pertumbuhan atau penyebabnya meliputi:

Perawatan akan tergantung pada penyebab kegagalan pertumbuhan bayi Anda dan tingkat keparahan kondisinya. Pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan terbaik dengan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana Anda dapat mendukung pertumbuhannya.

Kegagalan pertumbuhan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi atau anak yang tidak tumbuh dengan baik.

Gagal tumbuh adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi atau anak yang tidak tumbuh dengan baik.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  • Kondisi kesehatan, seperti fibrosis kistik (CF) atau penyakit jantung bawaan
  • Masalah dengan kelenjar tiroid, yang mengontrol pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Hal ini mencakup hipotiroidisme (terlalu sedikit hormon tiroid), hipertiroidisme (terlalu banyak hormon tiroid) dan gondok (pembesaran kelenjar tiroid).

Penyebab kegagalan pertumbuhan mungkin termasuk:

  • Gizi buruk
  • Kurang olahraga
  • Kurang tidur
  • Stres (termasuk stres di sekolah)
  • Penyakit atau penyakit, seperti kanker dan diabetes
  • Faktor keturunan (termasuk faktor bawaan lahir, seperti ukuran tubuh yang kecil untuk usia Anda)

Obat-obatan dan alkohol juga dapat menjadi penyebab kegagalan pertumbuhan pada anak-anak.

Dokter bayi Anda mungkin mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kegagalan pertumbuhan, termasuk:

Dokter bayi Anda mungkin mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kegagalan pertumbuhan, termasuk:

  • Berapa berat bayi Anda.
  • Berapa lama bayi Anda tumbuh lambat.
  • Jika bayi Anda memiliki kondisi medis lainnya.
  • Bagaimana cara Anda memberi makan bayi Anda dan obat apa yang Anda minum (jika ada).
  • Jika Anda memiliki anak lain dan apakah mereka juga kecil saat lahir atau tidak.

Tes yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kegagalan pertumbuhan atau penyebabnya meliputi:

Tes yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kegagalan pertumbuhan atau penyebabnya, antara lain:

  • Tes darah. Tes ini mencari jumlah abnormal hormon tertentu dan bahan kimia lainnya dalam darah Anda. Tes ini juga membantu menentukan apakah ada masalah dengan kelenjar tiroid Anda.
  • Tes urine. Anda akan buang air kecil ke dalam cangkir untuk mengumpulkan sebagian urin Anda, yang akan diuji kadar elektrolit dan kandungan proteinnya (protein terbuat dari asam amino, yang ditemukan dalam makanan). Kadar yang rendah bisa berarti Anda tidak makan cukup kalori atau mengonsumsi terlalu banyak protein. Kadar yang tinggi bisa jadi akibat dehidrasi karena muntah atau diare; ini juga bisa mengindikasikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit seperti cacing yang hidup dalam tubuh kita tetapi tidak menyebabkan penyakit sendiri.* X-ray.* MRI.* CT scan

Perawatan akan tergantung pada penyebab kegagalan pertumbuhan bayi Anda dan tingkat keparahan kondisinya.

Jika bayi Anda memiliki masalah pertumbuhan, tenaga kesehatan profesional kemungkinan akan merekomendasikan rencana perawatan yang mencakup pemberian kalori ekstra. Ini berarti menyusui lebih sering, memberinya susu formula dengan kalori lebih banyak dari biasanya, dan / atau memberikan makanan tambahan dalam bentuk ASI atau suplemen formula. Jika pendekatan ini tidak berhasil, ahli kesehatan Anda mungkin merekomendasikan untuk menambahkan formula khusus yang disebut fortifier ke ASI Anda atau menambahkan suplemen nutrisi cair tambahan ke dalam botol yang diberikan setiap kali menyusui.

Dalam beberapa kasus, bayi yang mengalami kegagalan pertumbuhan yang parah perlu dipenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memompa ASI ibunya ke dalam tabung makanan yang dapat dimasukkan langsung ke dalam perutnya (disebut tabung gastrostomi).

Pastikan bunda membaca artikel minyak telon untuk pijat bayi

Pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan terbaik.

Pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan terbaik.

Jika Anda khawatir tentang pertumbuhan bayi Anda, mintalah bantuan dokter Anda. Ini akan memberi Anda ketenangan pikiran dan memudahkan anak Anda untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia dan sehat.

Ketika orang tua memiliki kekhawatiran tentang pertumbuhan anak-anak mereka, mereka dapat meminta jawaban dari para ahli pediatri. Para dokter di [NAMA RUMAH SAKIT ANDA] tersedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk membantu menjawab pertanyaan atau kekhawatiran yang muncul selama masa penting ini dalam kehidupan ibu dan ayah!

Pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan terbaik. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa yang diharapkan dan bagaimana Anda dapat membantu.